Tips Aman Terobos Banjir Untuk Pemotor

Diposting pada

Berbicara mengenai faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, salah satunya adalah faktor lingkungan.

Mulai dari jalan yang berlubang, berlumpur, berpasir, berkabut, hujan, dan faktor cuaca lainnya. Pada saat musim hujan seperti sekarang ini, perlu beberapa penyesuaian dalam berkendara sepeda motor.

Banjir

Saat berkendara sepeda motor dalam kondisi hujan, salah satu halangan yang kerap ditemui adalah genangan banjir. Tanpa mengetahui berapa kedalamannya, sulit untuk menentukan apakah motor bisa aman menerobos atau tidak.

Pengendara motor pemula disarankan untuk tidak langsung menerjang genangan. Mereka disarankan terlebih dulu mengamati motor-motor yang melintas di genangan tersebut.

Terobos-Banjir

Fokuskan perhatian pada knalpot motor yang sama dengan yang dikendarai saat itu. Jika tinggi air di bawah knalpot, berarti genangan aman untuk dilewati.

Jangan sekali-kali nekat menerobos genangan banjir dengan kondisi lubang knalpot terendam air. Bisa dipastikan mesin akan langsung mati dan Anda harus berbasah-basahan mendorongnya ke tempat aman.

Mogok

Saat melewati genangan, pertahankan kecepatan rendah secara konstan. Usahakan jaga jarak aman dengan kendaraan lain, agar motor tidak terhenti di tengah genangan air dan tidak menurunkan putaran gas selama melewatinya.

Terobos

Selanjutnya, seimbangkan sepeda motor. Kemungkinan laju sepeda motor akan terhambat, bahkan akan sedikit terseret atau goyah saat melewati genangan air.

Dikutip dari Beragamberita.com

Gambar Gravatar
Semua akan indah pada waktunya.