Rantai

Jangan Gunakan Oli Bekas! Tapi Gunakan Minyak Goreng Jika Rantai Motor Anda Kering…

Diposting pada

Pemilik motor non matik pasti akrab dengan bunyi-bunyian kasar yang berasal dari rantai kendaraan. Hal itu terjadi akibat kondisi rantai motor yang kering.

Tidak cuma mengganggu, kondisi rantai yang kering juga membuat daya tahan rantai semakin berkurang. Jika begitu, rantai bisa cepat jadi kendor. Selain itu, gear pun akan jadi cepat haus. Jadi, pastikan selalu mengecek kondisi kerenggangan rantai dan juga melumasi rantai secara berkala.

Rantai-Motor

Rantai sepeda motor yang kering karena sering dicuci, biasanya muncul suara-suara aneh di bagian rantai motor. Kondisi ini terjadi lantaran rantai motor sudah tidak ada pelumasnya alias kering.

Kalau sudah begini, diperlukan penggunaan pelumas rantai yang sesuai. Namun di beberapa bengkel umum, masih banyak yang menggunakan oli bekas, sebagai pelumas rantai. Tentunya ini adalah tindakan yang salah.

Semprotan

Pakai oli bekas malah bikin rantai cepat kotor. Jadi benar-benar tidak direkomendasikan pakai oli bekas untuk melumasi rantai.

Oli memiliki zat aktif yang dapat mengikat debu dan kotoran sehingga rantai semakin cepat kotor. Sebaiknya untuk melumasi rantai motor menggunakan pelumas yang diformulasikan khusus untuk rantai. Selain untuk memperlancar rantai, tentu saja cairan ini bisa memperpanjang umur rantai. Juga bisa bikin rantai lebih bersih.

Minyak

Tapi jika Anda berada di daerah yang mungkin tidak terdapat gerai khusus yang menjual cairan perawatan kendaraan bermotor, bisa pakai minyak goreng baru sebagai alternatif untuk sementara. Minyak goreng memiliki keunggulan, cairannya yang bening sehingga tampak bersih ketika dioleskan di rantai motor.

Bagi Anda yang menggunakan minyak goreng tentu ini hanya bertahan sementara. Tetapi patut dicoba ketimbang rantai kering dan rusak.

Perawatan

Namun jika ada kesempatan untuk membeli chain lube atau pelumas khusus untuk rantai, sebaiknya segera gunakan itu. Mengingat minyak goreng juga punya sifat menangkap kotoran dan debu. Hanya saja lebih aplikatif dari pada menggunakan oli bekas.

Dikutip Beragamberita.com

Gambar Gravatar
Semua akan indah pada waktunya.