Ranjau

Ini Jalanan Jakarta Paling Rawan Ranjau Paku

Diposting pada

Bagi pengendara motor, ban bocor karena terkena ranjau paku jadi salah satu yang paling sering menyusahkan di jalanan. Apalagi, kemudian harus mendorong motor ke tempat tambal ban yang jaraknya cukup jauh.

Pegiat Komunitas Sapu Bersih (Saber), Rohim bin Sarman, mengatakan selama 7 tahun menyisir jalan ibu kota, komunitasnya mengindentifikasi beberapa jalanan yang selama ini dianggap paling rawan bertebaran ranjau paku.

Paku

“Paling banyak kita dapat paku pas nyisir itu di Gatsu (Jalan Gatot Subroto), terutama dari kantor BPK sampai Tugu Pancoran. Kedua ada di Daan Mogot, setelah itu dekat Bundaran Pondok Indah. Cideng dekat Tanah Abang juga banyak. Sekali sisir bisa dapat 2 kg lebih tuh,” kata Rohim kepada detikOto, Senin (8/1/2018).

“Kemudian Jalan Fatmawati, jalan di Kebon Nanas (Yos Sudarso). Ojek online juga sering kasih informasi, kemudian kita sisir, banyak juga pakunya ternyata. Kayak paling baru di jalan dari Priok ke Ancol,” tambahnya.

Gunung-paku

Kepada bikers yang sering jadi korban, Rohim berbagi tips agar ban motor bisa terhindar dari ranjau yang bertebaran di jalanan.

“Pertama kalau ada di jalan yang rawan ranjau paku, jangan terlalu kencang memacu motor. Karena semakin cepat motor, semakin rentan ban motor tertembus paku ranjau. Kalau jalannya pelan, risiko kena sedikit. Kemudian pastikan tekanan anginnya cukup. Kalau kempes gampang tertancap paku,” tandas Rohim.

– Dikutip dari oto.detik.com

Gambar Gravatar
Semua akan indah pada waktunya.