Kapan Sebenarnya Waktu yang Tepat Ganti Kampas Rem?

Diposting pada

Rem merupakan bagian yang sangat vital pada sebuah kendaraan. Ya, sebuah piranti untuk mengontrol laju kendaraan. Dan banyak kecelakaan terjadi di jalan raya disebabkan rem blong atau rem yang tak lagi pakem.

Karena itu, sebaiknya pengendara lebih meluangkan waktu untuk memperhatikan kapan waktu yang tepat mengganti kampas rem. Yang jadi pertanyaan, kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem?

Motor

Menanggapi hal tersebut, Mekanik Eka Jaya Motor, Zainal menegaskan bila penggantian kampas rem tidak bisa diukur dari jangka waktu, namun lebih kepada pemakaian motor.

“Penggantian kampas rem itu tidak dapat ditentukan dengan lama waktunya tetapi bergantung dari pemakaian. Kalau jalan macet akan lebih boros, jadi kalau sedang melakukan servis lebih baik ditanyakan, atau pengendara dapat merasakan kondisi rem saat berkendara,” katanya saat ditemui di bengkelnya yang terletak di Jakarta Barat.

Kampas-Rem

Meski tak bisa diukur dari jangka waktu, Zainal menegaskan, pemilik kendaraan harus lebih peka untuk selalu memperhatikan kondisi kendaraannya. Hal itu dikarenakan kampas dan pad set dapat mengeras.

“Kampas rem itu bisa mengeras, apabila masih tebal tetapi kanvas rem atau pad setnya sudah keras tetap saja pemilik kendaraan harus melakukan penggantian,” kata Zainal.

– Dikutip dari viva.co.id

Gambar Gravatar
Semua akan indah pada waktunya.