Dorong

Cara Akali Motor Injeksi yang Mogok

Diposting pada

Motor berteknologi injeksi lebih irit bensin karena sistem pengabut bahan bakarnya sudah diatur secara elektronik. Karena sebagian sistem kerjanya dikontrol oleh elektronik, tak sedikit bikers yang panik kala mengalami kasus mogok di jalan.

“Motor injeksi mengalami mogok biasanya dari sistem kelistrikan, salah satunya aki drop,” kata Muhamad Satirih, Service Advisor Yamaha Harapan Motor Sejahtera, Depok.

Hidupnya motor injeksi memiliki ketergantungan dari kondisi kelistrikan yang dialirkan oleh aki.

Motor

“Apabila aki drop, maka tegangan ikut drop, akibatnya arus listrik ke ECU beserta fuelpump mati dan bensin serta pengapian tidak mengalir,” jelas Satirih.

Solusinya ya mesti ganti aki baru atau di-jumper. Namun, selama lampu indikator enggak memberi sinyal tanda sensor di motor, itu aman-aman saja. Motor injeksi yang mogok enggak perlu didorong. Sebab aki lemah penyebab mesin sulit hidup, masih bisa diakali menggunakan kick starter.

Injeksi

Caranya dengan menyelah berulang-ulang. Dengan menekan kick starter berulang-ulang, aki yang tekor bisa terisi setrum kembali. Setrum tersimpan inilah yang bakal membantu proses menghidupkan komponen injeksi serta sensor-sensornya. Selain dari aki, kondisi sekring atau fuse yang putus juga bisa mengakibatkan motor injeksi ngadat.

“Bila aki bagus, cek sekring bila hangus ganti dengan sekring cadangan,” bilangn Satirih memberi solusi.

Tak hanya sekring,sektor pengapian juga bisa jadi penyebab motor injeksi mogok. Misal kondisi busi yang sudah buruk atau kemasukan air, bisa menjadi penyebab motor mogok. Gimana cara mengatasinya?

Sepeda-Motor

“Solusinya, buka busi lalu bersihkan busi dari kerak hitam, jangan diampelas, tiup bila tutup kop businya ada air, lalu pasang kembali,” terangnya.

Ada lagi nih penyebab motor injeksi mogok. Selain dari faktor kelistrikan dan pengapian, biasanya motor injeksi mogok karena kehabisan bensin. Repotnya lagi, mesin biasanya sulit menyala walau sudah diisi bensin penuh.

Gimana solusinya?

“Caranya bila kehabisan bensin, setelah mengisi, putar kunci kontak posisi ON selama 4 detik lalu OFF kembali,” kata Satirih.

Masalah

“Lakukan secara berulang 3 sampai 5 kali, tujuannya agar fuel pump memompa bensin,” pungkas Satirih.

Nah, jika motor injeksi kamu ingin aman dan terhindar dari mogok di jalan perhatikan keempat hal di atas ya.

– Dikutip dari Tribunnews.com

Gambar Gravatar
Semua akan indah pada waktunya.