BBM

Mobil Mau Irit BBM?? Ini Tipsnya

Diposting pada

Setiap pemilik mobil pasti menginginkan kendaraannya hemat bensin. Apalagi, saat ini sejumlah pabrikan telah menciptakan produknya yang dibenamkan teknologi irit bahan bakar.

Sebenarnya, hemat bahan bakar bisa disiasati pengguna dengan mengaplikasikan teknik berkendara eco driving. Selain menghemat bahan bakar, cara tersebut juga bisa meminimalisir emisi gas buang.

Oper

Seperti dilansir dari laman Daihatsu, cara berkendara yang bisa dilakukan pengemudi, pertama, adalah melakukan perpindahan gigi. Saat memindahkan persneling mobil ke posisi yang lebih tinggi, jangan tunggu mesin meraung. Mengganti persneling idealnya dilakukan sebelum putaran mesin 2.000-3.000 rpm.

Kedua, sebisa mungkin pengemudi berkendara dalam kecepatan stabil. Pengemudi biasanya mempertahankan putaran mesin di bawah 2.000 rpm untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar.

Gigi

Ketiga, saat berakselerasi dan melakukan pengereman sebisa mungkin lakukan teknik berkendara yang lembut. Dalam kondisi kemacetan, hindari injak pedal gas dan rem dengan cara kasar dan terburu-buru.

Keempat, saat menghadapi lintasan jalan yang turun dan menanjak, pengemudi juga perlu menjaga kecepatan dan putaran mesin yang tidak terlalu tinggi. Hal ini, guna menjaga kinerja mesin tidak bekerja sangat keras saat berada di dua medan tersebut.

– Dikutip dari Viva.co.id

Gambar Gravatar
Semua akan indah pada waktunya.